WWF Bikin Manusia Kardus Peduli Hari Bumi

Sukarelawan World Wild Fund bikin manusia kardus serukan Hari Bumi. (foto: surya.co.id)
Sukarelawan World Wild Fund bikin manusia kardus serukan Hari Bumi. (foto: surya.co.id)

SURABAYA, Bumi juga perlu istirahat dan disayang. World Wildlife Fund (WWF) mengingatkan kepada manusia tentang hal itu melalui acara Earth Hour (EH) atau Hari Bumi.  Sesaat mematikan lampu dalam hitungan 60 menit untuk menghemat energi.

Untuk menyampaikan pesan tersebut, sukarelawan WWF di Surabaya menggelar Pos Suwidak Plus Banyu Gratisan atau Free Water for Us di Jl Raya Darmo, Minggu (17/3/2013).  Pengunjung area Car Free Day (CFD) yang membawa botol minum sendiri atau dapat mengisi ulang air minum secara gratis.

“Kami mengingatkan warga Surabaya bahwa pada 23 Maret 2013 adalah hari Earth Hour. Ingin mengajak mereka mematikan lampu selama 60 menit pada pukul 20.30-21.30 pada hari itu,” terang Fitria Dwi Sulistyowati, Koordinator Kota Surabaya untuk program EH, seperti dilansir surya.co.id.

Aksi ini serentak diadakan di 31 kota pendukung EH di Indonesia. Dan pusat penyelenggaraan EH pada 23 Maret 2013 di Surabaya adalah di Mall Grand City dan Hotel Majapahit. “Di belakang tulisan Earth Hour itu kan ada 60 dan tanda plus, itu maknanya 60 menit dan plus yang berarti tanggung jawab manusia di masa depan,” papar mahasiswi semester enam Jurusan Perikanan dan Kelautan Universitas Airlangga Surabaya ini.

Bersama 20 teman yang tergabung dalam Divisi Iklim dan Energi Program EH Surabaya, Fitria juga menyediakan karung plastik besar untuk wadah botol plastik kosong bagi pengunjung CFD. Selain membuat robot dari kardus bekas dan baru.

“WWF Surabaya mengangkat local content dan mendesain kardus tadi menjadi sosok Gatotkaca,” kata Langit Wira, salah seorang sukarelawan WWF Surabaya yang berprofesi di bidang desain.

Anggarda Bayangkara (22), mahasiswa Pendidikan Penerbangan Juanda, menjadi obyek yang ditunjuk menjadi Gatotkaca tersebut. “Sebenarnya gerah memakainya, tetapi tetap asyik kok,” seloroh lelaki berkacamata itu segera dia mengenakan kostum kardusnya. (sumber: surya.co.id)