Makanan Sehat Bagi ODHA

makanan-odha_mainOrang Dengan HIV/AIDS (ODHA) sangat rentan terhadap berbagai jenis penyakit infeksi. Termasuk dari makanan patogen karena mereka memiliki resiko yang lebih tinggi dibandingkan orang sehat dalam menghadapi penyakit parah atau kematian. Oleh karena itu,  para penderita HIV/AIDS perlu mewaspadai cara pengolahan maupun makanan yang diberikan kepada mereka.

Hal ini disebebkan karena bakteri makanan sangat membahayakan bagi ODHA. Karena virus AIDS merusak atau menghancurkan sistem kekebalan tubuh. Sehingga infeksi yang menyerang ODHA dapat menyebabkan penyakit yang lebih parah dan justru sangat berbahaya.
Tiga jenis bakteri makanan yang sangat berbahaya bagi ODHA adalah:
Bakteri Salmonella, merupakan bakteri makanan penyebab penyakit yang paling umum. Bakteri ini biasanya ditemukan pada daging mentah (khususnya unggas) dan dapat ditemukan di telur, bahkan sebelum telur itu retak terbuka. Salmonellosis dapat menyerang siapapun, tetapi hampir 100 kali lebih sering pada ODHA dibandingkan dengan penderita penyakit lain. Fakta yang ada menunjukkan infeksi Salmonella yang terjadi pada ODHA lebih sulit penanganannya dan lebih cenderung mengakibatkan komplikasi serius.
Campylobacter, bakteri yang kadang-kadang dapat ditemukan pada makanan khususnya unggas mentah. Penyakit akibat bakteri jenis ini terjadi sekitar 35 kali lebih sering pada ODHA dibandingkan dengan orang sehat. Banyak orang mengalami keracunan makanan karena cara memasak unggas yang tidak benar. Kontaminasi juga dapat terjadi karena minum susu maupun air mentah.
Listeriosis disebabkan oleh Listeria monocytogenes yang dapat ditemukan di berbagai jenis makanan. Infeksi listeria lebih umum terjadi pada ODHA dibandingkan orang sehat dan seringkali berakibat fatal. Listeria monocytogenes dapat diperoleh dari berbagai makanan termasuk keju yang unpasteurized dan makanan siap saji seperti hot dog.
Cara terbaik bagi ODHA untuk mendapatkan makanan yang aman adalah dengan memperhatikan setiap tahap dari pembelian sampai makanan tersebut dikonsumsi. Poin pentingnya adalah, makanan yang cepat busuk yang dibeli dari toko agar segera diamankan di tempat penyimpanan atau langsung dimasak untuk menghancurkan bakteri dan patogen lainnya.

Post Comment